Festival Kuliner Gout de France Digelar pada 20-21 Maret

Rabu, 16 Maret 2016 - 20:30 WIB
Festival Kuliner Gout...
Festival Kuliner Gout de France Digelar pada 20-21 Maret
A A A
JAKARTA - Tahun ini, untuk kedua kalinya Institut Prancis di Indonesia (IFI) – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia yang bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI) kembali menggelar acara bertajuk Gout de France atau Good France di Jakarta yang akan dimulai pada tanggal 20-21 Maret 2016. Acara ini merupakan sebuah festival kuliner Prancis yang diikuti oleh sebanyak 1.500 restoran di 5 benua.

Gout de France atau Good France ditandai dengan makan malam serentak di 1500 restoran di 5 benua untuk memberikan apresiasi pada kuliner Prancis dengan menghidangkan menu-menu khas Prancis yang memiliki nilai semangat berbagi, kebersamaan, dan kebahagiaan untuk berkumbul dan bersantap didalamnya. Di edisi kedua Good France di Indonesia, ada 22 restoran yang berpartisipasi yang terbagi di empat kota, yakni Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya,” papar Corinne Breuze, Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste ketika ditemui di konferensi media Good France di IFI, Jakarta (15/3/2016).

Sebagai warisan budaya dan identitas mereka, masyarakat Prancis menganggap tradisi Gastronomi atau makan-makan adalah elemen penting. Tradisi ini kerap dilakukan untuk merayakan momen-momen penting seperti pernikahan dan ulang tahun. Pada saat momen makan-makan, semua teman dan anggota keluarga berkumpul mengelilingi sebuah meja selama berjam-jam untuk mempraktikkan ‘makan yang baik’ dengan pakem-pakem tertentu.

Pakem-pakem tersebut seperti momen makan-makan dimulai dengan aperitif, kemudian dilanjutkan dengan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayur-sayuran, keju, dan makanan penutup. Kadang-kadang momen ini juga diakhiri dengan digestif atau minuman beralkohol. Tak hanya itu, dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti mencium dan menyicipi makanan adalah pelengkap ritual tersebut.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, di Indonesia ada 22 restoran yang turut berpartisipasi dalam acara Good France. Namun untuk di Jakarta, ada 11 resoran partisipan yang akan menyajikan kuliner Prancis dengan perpaduan teknik dan bahan lokal yang akan secara serentak dimulai pada tanggal 21 Maret mendatang. Ke-11 restoran tersebut antara lain, Amuz, Avec Moi, Eric Kayser, Emilie, Garcon, The Immigrant Dining Room, Colonial, Lyon, Olivier, Le Monde au Balcon, dan Alila.

“Acara ini saya rasa bagus ya untuk mengedukasi, memperkenalkan seperti apa makanan Prancis itu. Rasanya bagaimana, harganya mahal atau tidak. Dan di acara ini, kami para chef akan menyajikan lima jenis makanan yang direkomendasi dan hanya ada di acara Good France ini,” ujar Chef Zulkarnain Dahlan sebagai salah satu chef yang ikut berpartisipasi dalam Good France dari restoran Colonial Cuisine & Molecular.

Chef Zulkarnain yang telah bekerja sebagai chef selama 16 tahun baik di hotel berbintang maupun restoran internasional, dia akan menghadirkan menu khas Prancis dengan pendekatan lokal dan tanpa melupakan kekhasan dari restoran yang ia wakili, yakni dengan menggunakan teknik sains dalam produksi dan penyajian. Kali ini, tema yang diangkat adalah Voyage Cuisine Francais Infuse Avec des Materiaux Locaux.

“Bagi saya memasak adalah sebuah perjalanan dan petualangan mengeksplorasi bahan-bahan masakan dan cerita di balik bahan-bahan tersebut. Sebagai chef, kami akan berbagi mengenai perjalanan tersebut melalui masakan yang dapat dinikmati semua orang,” tutur Chef Gilles Marx dari restoran Amuz yang juga turut berpartisipasi dalam acara Good France ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)